Sabtu, 15 Maret 2014

Menembak Ikan Di Sungai Pengabuhan

Dengan menggunakan kacamata renang yang di buat sendiri serta satu alat tembak sederhana yang juga di rakit sendiri, beberapa pemuda terlihat hendak pergi kesungai untuk mencari ikan. Dengan bantuan senter yang di modifikasi untuk penggunaan di dalam air mereka menyelam kedasar sungai dan sela-sela batu atau akar pohon.

Pemandangan ini akan sangat banyak kita jumpai di desa-desa yang di lalui oleh aliran Sungai Pengabuhan, di antaranya adalah Sungai Rotan dan Pulau Pauh di Kecamatan Renah Mendaluh.

 Tampak Anak-anak dengan sangat riang bermain di sungai sambil menggunakan alat tembaknya untuk mencari ikan.
Pemuda Desa Sungai Rotan yang akan pergi ke sungai untuk mencari ikan. 

Ikan Semah adalah salah satu ikan favorit di sungai pengabuhan, kenapa favorit disebabkan karena sisiknya pun bisa dimakan karena lunak setelah di masak, namun keberadaanya juga sudah semakin sulit ditemukan.

Ikan yang paling banyak di temui adalah baung dan beberapa jenis ikan lain khas sungai pengabuhan. 

Kegiatan menembak ikan ini mengindikasikan kondisi sungai sangat bagus, baik kondisi airnya maupun kebiasaan mereka menjaga kondisi sungai itu, artinya mereka masih menggunakan cara yang tradisional dan tidak meracun sungai sehingga ikan tetap ada di sungai mereka. Selain itu tingkat pencemaran air juga belum merusak terhadap sumber air mereka.

Semoga saja kondisi ini bisa terus terjaga dengan baik. 

Penulis : Jon Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar