Sabtu, 15 Maret 2014

Kunjungan Solidaridad ke Gapoktan Pulau Pauh dan KT Aur Duri 2 Merlung

Kamis 13 Maret 2014 kantor Gapoktan Usaha Berkat Desa Pulau Pauh kedatangan tamu dari Jakarta yaitu bu Joanita dan Pak Hendri sebagai perwakilan Solidaridad kantor Indonesia yang di temani direktur Setara Jambi bu Rukayah Rofiq.

Solidaridad adalah lembaga non Profit yang mendukung Yayasan Setara Jambi dalam mendampingi petani sawit swadaya yang berada di beberapa desa di kecamatan Merlung dan Renah Mendaluh.

Kedatangan mereka adalah untuk bersilaturrahmi dengan petani langsung serta pengurus gapoktan dalam melihat kegiatan pendampingan yayasan Setara Jambi.


 Diskusi dilakukan di kantor Gapoktan Usaha Berkat dengan di awali saling memperkenalkan diri satu sama lain. Selain Pengurus dan Petani, disana juga hadir pak Sigit selaku asisten Swadaya dari PT.IIS
 Setelah istirahat makan siang, mereka pun bersama-sama berjalan ke lahan salah satu petani untuk melihat penerapan GAP di kebun-kebun petani.
Malam harinya mereka menginap di Merlung tepatnya dirumah pak bambang selaku sekretaris kelompok tani Aur Duri 2 yang juga merupakan guru di SMA merlung.

Diskusi ringan terjadi, mulai dari pertanyaan-pertanyaan tentang visi dan misi solidaridad yang tentunya belum banyak diketahui oleh petani, serta petani mengharapkan dukungan terus solidaridad terhadap kemajuan petani di Desa mereka. Petani sangat senang mendapatkan penjelasan yang tentunya menambah kekuatan mereka untuk terus berjuang membangun kelompok tani.

Setelah pertemuan petani mendapatkan suntikan moril dalam memajukan kelompok tani, karena mereka tidak merasa berjalan sendiri dalam berjuang, banyak pihak yang siap membantu, apalagi kalau sudah berjalan dengan solid akan lebih banyak dukungan seperti pemerintah dan perusahaan di sekitar mereka. Mudah-mudahan ini juga bisa memacu semangat serta keinginan petani untuk lebih giat dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan mereka.

Penulis : Jon Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar