Minggu, 23 Februari 2014

Ketua Gapoktan Mengikuti Pertemuan RSPO di Medan

Tanggal 10-14 November 2013 lalu ketua Gapoktan Mengikuti Pertemuan RSPO di Medan. Dalam hal ini ketua Gapoktan Usaha Berkat Desa Pulau Pauh dan Ketua Gapoktan Tanjung Sehati Desa Mekar jaya Kab. Merangin di undang RSPO untuk mengikuti pertemuan tersebut. Dalam hal ini mereka di dampingi oleh rekan-rekan Dari Yayasan Setara Jambi yaitu dedi, jon, adi, rian dan Direktur Sendiri ibu Uki.

Banyak pengalaman baru serta bertambahnya wawasan tentang dunia Kelapa Sawit menjadikan semangat Ketua Gapoktan makin berkobar, karena tanpa di duga mereka bisa mengikuti pertemuan level internasional yang kebetulan tuan rumahnya Negara Indonesia yaitu di Kota Medan.


Bertemu dengan banyak pihak membuat wawasan sangat bertambah, ada peluang dan tantangan kedepan dalam perkembangan kelapa sawit. Bertukar pengalaman dengan petani-petani lain di berbagai daerah menjadi masukan bagi ketua gapoktan.


Secara kebetulan juga karena sedang berada di kota Medan, Kami menyempatkan waktu berkunjung ke Kantor PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit) di Jl. Bridgen Katamso. Disana Kami bertemu dengan Bagian Pemasaran dan kami bertanya banyak hal, mengingat banyaknya bibit palsu yang beredar di tengah-tengah masyarakat. 


Kesempatan langka ini tidak di sia-siakan ketua gapoktan, karena sangat banyak informasi yang didapat untuk disampaikan kepada petani di Desa Pulau Pauh. Salah satunya adalah tekad untuk mengarahkan dan menggunakan Bibit Kelapa Sawit yang langsung bisa di akses ke sumbernya yaitu PPKS Medan, Dengan cara mengumpulkan petani yang butuh kecambah lalu di kordinir gapoktan untuk langsung membeli ke PPKS.

1 komentar:

  1. Semoga kita semua bisa menjadi petani yang sukses dan berwawasan. Amin

    BalasHapus