Sabtu, 21 Februari 2015

JAMBI DI PERTEMUAN RSPO KUALA LUMPUR

Ketua Gapoktan Usaha Berkat Desa Pulau Pauh Kec. Renah Mendaluh yaitu H. Lukman mengikuti pertemuan RSPO ke 12 di Kuala Lumpur Malaysia. Bersama dengan Sahadi dari Yayasan Setara Jambi dan Jalal Sayuti ketua Gapoktan Desa Mekar jaya Kab.Merangin Jambi.




Sebelum pertemuan RSPO di buka mereka di ajak berkunjung ke perkebunan Kelapa Sawit milik Felda Malaysia. Disana mereka mendapat ilmu bagaimana Felda merawat kebunnya, sehingga bisa menjadi perbandingan untuk kemajuan mereka. 

Pertemuan RSPO yang di taja setiap tahunnya membawa perkembangan baru bagi dunia perkelapasawitan, tidak hanya di Indonesia juga negara lain mulai dari produsen hingga konsumen. Ada ilmu-ilmu baru yang terus berkembang serta ketentuan-ketentuan baru dalam mengelola kelapa sawit untuk sumbangsih terhadap penyelamatan dunia.



Jambi mungkin hanya salah satu saja dari sekian banyak provinsi di Indonesia, namun dalam pertemuan RSPO kali ini nama Jambi benar-benar di kenal dunia perkelapasawitan dunia, pasalnya pada kesempatan kali ini Pak Jalal Sayuti selaku ketua Gapoktan Tanjung Sehati Kab. Merangin menerima secara simbolis Sertifikat RSPO untuk kategori Petani Swadaya bersama petani Malaysia, Selain itu juga Salah satu Dosen Universitas Jambi yaitu ibu Rosyani tampil memaparkan hasil penelitiannya tentang Petani Kelapa Sawit Mandiri di Jambi.


Tentu menjadi kebanggan tersendiri untuk Jambi yang telah berhasil tampil di Kancah Internasional demi mengharumkan nama bangsa. Semoga saja perjuangan petani-petani di kawasan Merlung dna Renah Mendaluh dalam menuju Sertifikasi RSPO berjalan dengan baik, sehingga menambah catatan positif untuk Jambi, Khususnya Petani Mandiri Kelapa Sawit.

Penulis : Jon Tanjung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar